BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Dunia usaha
di Indonesia mengalami perkembangan yang
demikian pesat. Peningkatan yang terjadi pada pendapatan masyarakat menyebabkan
masyarakat ingin dilayani lebih baik lagi. Setiap perusahaan melalui produk
yang dihasilkannya atau produk yang ditawarkan berusaha agar tujuan dan sasaran
perusahaannya tercapai.
Krisis
ekonomi dan pasar bebas yang sedang melanda negara kita ini menuntut setiap
perusahaan atau wirausaha untuk menyelenggarakan manajemen yang tepat pada
semua aspek, yang mencakup aspek keuangan, aspek sumber daya manusia, aspek
produksi, aspek penjualan, dan masih banyak lagi aspek lain yang sangat
berkaitan dengan situasi kelesuan perekonomian.
Dari
semua aspek diatas dapatlah dikatakan bahwa aspek penjualan mempunyai peranan
yang sangat penting bagi berhasil tidaknya tujuan dari suatu perusahaan
terhadap lingkungan perekonomian itu sendiri yang sangat kompetitif dan
bervariatif.
Tujuan umum
perusahaan adalah membuat suatu produk atau jasa dengan biaya
serendah-rendahnya, menjual dengan harga wajar dan membentuk kebiasaan. Untuk
mencapai semua itu, perusahaan menentukan suatu metode peramalan (forecasting)
akan produk dan jasa. Peramalan (forecasting) permintaan akan produk dan jasa
di waktu mendatang dan bagian-bagiannya adalah sangat penting dalam perencanaan
dan pengawasan produksi. Peramalan yang baik adalah esensial untuk efisiensi
operasi-operasi manufakturing dan produksi jasa.
Peramalan
digunakan dalam manajemen produksi dan operasi dalam pembuatan-pembuatan
keputusan-keputusan yang menyangkut pemilihan proses, perencanaan kapasitas,
dan layout fasilitas, serta untuk berbagai keputusan yang bersifat terus
menerus berkenaan dengan perencanaan, scheduling dan persediaan.
Oleh
karena itu sebagaimana diketahui, sebelum suatu perusahaan melaksanakan
kegiatan penjulannya, pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan akan
mengadakan penyusunan terhadap perencanaan penjualan yang akan dipergunakan
sebagai pedoman pelaksanaan proses penjualan.
Dalam
hal ini perlu diketahui tentang dua unsur penjualan, yaitu peramalan penjualan
dan pekiraan penjualan. Pentingnya melakukan peramalan penjualan antara lain
adalah untuk pengawasan dalam persediaan atau inventory control, karena dalam
hal ini jika persediaan yang ada terlalu kecil atau sedikit, maka akan
mempengaruhi kelancaran kegiatan penjualannya.
Peramalan
penjualan juga dapat digunakan untuk membantu kegiatan perencanaan dan
pengawasan produksi, karena dengan
adanya peramalan penjualan, maka perusahaan dapat mengetahui kemungkinan
kegiatannya dikemudian hari, sehingga para manajer perusahaan dapat
mengusahakan perbaikan sistem produksinya agar efisien dan dapat melakukan
antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi dikemudian hari.
Seiring
perkembangan jaman dan teknologi, semakin banyak pula usaha baru yang akan
didirikan dengan dapat melihat peluang – peluang yang ada. Maka salah satunya
adalah usaha toko jersey. Sehubungan dengan semua bidang usaha yang
menginginkan untuk memenuhi kebutuhan dan selera para konsumen, perlu terlebih
dahulu pihak pengusaha mengadakan peramalan terhadap permintaan pasar oleh
pihak konsumen, agar dapat memperoleh keuntungan atau benefit dan profit yang
diharapkan oleh pengusaha. Berdasarkan uraian diatas maka timbul keinginan
penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “ Metode Peramalan Penjualan
Jersey Grade Ori Pada Toko Viva Jersey”
1.2
Rumusan
dan Batasan Masalah
1.2.1
Rumusan Masalah
Dari penjelasan diatas,
maka penulis merumuskan masalah pada
penulisan ilmiah, yaitu berapa besar
hasil penjualan Jersey jenis Grade Ori
di toko VIVA JERSEY selama 1 tahun, dan membandingkan tingkat penjualan per
bulan serta mencari tingkat kesalahan yang terjadi tiap bulan.dengan
menggunakan metode MA ( Moving Average ) 3 periode , WMA ( Weight Moving
Average ), ES ( Eksponential Smoothing ) serta metode MAD ( Mean Absolute
Deviasion ) untuk mencari kesalahan peramalan.
1.2.2
Batasan Masalah
Untuk lebih memfokuskan
masalah mengenai data yang akan di kumpulkan, penulis hanya membatasi masalah
pada peramalan Jersey jenis Grade Ori
dengan data penjualan selama 1 tahun yaitu dari bulan April 2012 sampai dengan
Maret 2013, untuk meramalkan penjualan jersey jenis Grade Ori di Bulan April 2013 pada toko Viva Jersey yang dilihat
dengan menggunakan metode Moving Average, Weight Moving Average, Exponential
Smoothing, dan Metode Mean Absolute Devisiasion untuk mencari kesalahan
peramalan.
1.3
Tujuan
Penelitian
1) Mengetahui
tingkat penjualan Jersey jenis Grade Ori selama
1 tahun.
2) Membandingkan
tingkat penjualan per bulan dan mencari tingkat kesalahan yang terjadi tiap
bulan dengan menggunakan metode MA, WMA, ES dan MAD.
1.4
Manfaat
Penelitian
1) Manfaat
akademis
Adapun manfaat akademis
dalam penulisan alamiah ini adalah mengetahui peramalan penjualan jersey jenis Grade Ori pada toko Viva Jersey. Penulisan ini dapat di jadikan refrensi bagi
mahasiswa lain yang ingin melakukan penelitian serupa.
2) Manfaat
Praktis
Penulis berharap agar
penulisan ilmiah ini dapat menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan untuk kemajuan toko, dan masukan untuk pembahasan mengenai
peramalan penjualan.
1.5
Metode
Penelitian
1.5.1
Objek Penelitian
Objek penulisan ilmiah
ini dilakukan di toko Viva Jersey yang berlokasi di Jl. Kusuma Timur Raya Blok
C7 No. 1 Perum Wisma Jaya, Bekasi Timur.
1.5.2
Data / Variabel
Data yang digunakan
adalah data sekunder yaitu :
Volume penjualan : Data
penjualan Jersey jenis Grade Ori
selama 1 tahun periode April 2012 sampai Maret 2013
1.5.3
Metode Pengumpulan Data
/ Variabel
Metode penelitian yang
digunakan untuk nmengumpulkan data-data dan informasi penelitian melalui :
1) Library
Research ( Studi Pustaka ) : Melalui daftar pustaka yang ada dan sesuai dengan
tema penulisan ilmiah ini.
2) Field
Research ( Studi Lapangan ) : Melalui observasi langsung, wawancara terhadap
pemilik toko yang bersangkutan dengan topik yang sesuai.
1.5.4
Alat Analisis Yang
Digunakan
Alat analisis pada
penulisan ilmiah ini penulis menggunakan
alat berupa Metode Moving Average 3 bulan, Metode Weight Moving Average, Metode
Exponential Smoothing dan Metode Mean Absolute Deviasion untuk mencari
kesalahan peramalan. Dengan uraian sebagai berikut :
Metode Moving Average
MA adalah metode
peramalan dengan mengkombinasikan data dari beberapa periode terbaru /
terakhir. Dengan rumus :
MA
= ∑ Penjualan nyata pada n
periode akhir
∑ periode
(n)
|
Metode Weight Moving
Average
MWA adalah metode
peramalan yang cara perhitungannya hampir sama dengan MA, hanya berbeda pada
adanya penambahan bobot pda tiap data. Dengan rumus :
|
Metode Exponential
Smoothing
ES adalah metode
ramalan rata – rata bergerak yang melakukan penimbangan terhadap data masa lalu
dengan cara exponential dengan cara hasil ramalan periode terakhir ditambah
porsi perbedaan atau tingkat kesalahan antara permintaan nyata periodeterakhir
dan peramalan periode terakhir. Dengan rumus :
|
Ft
= { Ft – 1 + α ( At – 1 – Ft – 1 ) }
Metode Mean Absolute
Deviasion
|
MAD = ∑ kesalahan
Dimana :
N : Jumlah data penjualan
n : Jumlah periode
0 komentar:
Posting Komentar