Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

PROPOSAL ILMIAH

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dunia usaha di Indonesia  mengalami perkembangan yang demikian pesat. Peningkatan yang terjadi pada pendapatan masyarakat menyebabkan masyarakat ingin dilayani lebih baik lagi. Setiap perusahaan melalui produk yang dihasilkannya atau produk yang ditawarkan berusaha agar tujuan dan sasaran perusahaannya tercapai.
Krisis ekonomi dan pasar bebas yang sedang melanda negara kita ini menuntut setiap perusahaan atau wirausaha untuk menyelenggarakan manajemen yang tepat pada semua aspek, yang mencakup aspek keuangan, aspek sumber daya manusia, aspek produksi, aspek penjualan, dan masih banyak lagi aspek lain yang sangat berkaitan dengan situasi kelesuan perekonomian.
Dari semua aspek diatas dapatlah dikatakan bahwa aspek penjualan mempunyai peranan yang sangat penting bagi berhasil tidaknya tujuan dari suatu perusahaan terhadap lingkungan perekonomian itu sendiri yang sangat kompetitif dan bervariatif.
Tujuan umum perusahaan adalah membuat suatu produk atau jasa dengan biaya serendah-rendahnya, menjual dengan harga wajar dan membentuk kebiasaan. Untuk mencapai semua itu, perusahaan menentukan suatu metode peramalan (forecasting) akan produk dan jasa. Peramalan (forecasting) permintaan akan produk dan jasa di waktu mendatang dan bagian-bagiannya adalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi. Peramalan yang baik adalah esensial untuk efisiensi operasi-operasi manufakturing dan produksi jasa.
Peramalan digunakan dalam manajemen produksi dan operasi dalam pembuatan-pembuatan keputusan-keputusan yang menyangkut pemilihan proses, perencanaan kapasitas, dan layout fasilitas, serta untuk berbagai keputusan yang bersifat terus menerus berkenaan dengan perencanaan, scheduling dan persediaan.
Oleh karena itu sebagaimana diketahui, sebelum suatu perusahaan melaksanakan kegiatan penjulannya, pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan akan mengadakan penyusunan terhadap perencanaan penjualan yang akan dipergunakan sebagai pedoman pelaksanaan proses penjualan.
Dalam hal ini perlu diketahui tentang dua unsur penjualan, yaitu peramalan penjualan dan pekiraan penjualan. Pentingnya melakukan peramalan penjualan antara lain adalah untuk pengawasan dalam persediaan atau inventory control, karena dalam hal ini jika persediaan yang ada terlalu kecil atau sedikit, maka akan mempengaruhi kelancaran kegiatan penjualannya.
Peramalan penjualan juga dapat digunakan untuk membantu kegiatan perencanaan dan pengawasan produksi, karena dengan  adanya peramalan penjualan, maka perusahaan dapat mengetahui kemungkinan kegiatannya dikemudian hari, sehingga para manajer perusahaan dapat mengusahakan perbaikan sistem produksinya agar efisien dan dapat melakukan antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi dikemudian hari.
Seiring perkembangan jaman dan teknologi, semakin banyak pula usaha baru yang akan didirikan dengan dapat melihat peluang – peluang yang ada. Maka salah satunya adalah usaha toko jersey. Sehubungan dengan semua bidang usaha yang menginginkan untuk memenuhi kebutuhan dan selera para konsumen, perlu terlebih dahulu pihak pengusaha mengadakan peramalan terhadap permintaan pasar oleh pihak konsumen, agar dapat memperoleh keuntungan atau benefit dan profit yang diharapkan oleh pengusaha. Berdasarkan uraian diatas maka timbul keinginan penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “ Metode Peramalan Penjualan Jersey Grade Ori Pada Toko Viva Jersey”

1.2  Rumusan dan Batasan Masalah
1.2.1        Rumusan Masalah
Dari penjelasan diatas, maka penulis merumuskan masalah  pada penulisan ilmiah, yaitu  berapa besar hasil penjualan Jersey jenis Grade Ori di toko VIVA JERSEY selama 1 tahun, dan membandingkan tingkat penjualan per bulan serta mencari tingkat kesalahan yang terjadi tiap bulan.dengan menggunakan metode MA ( Moving Average ) 3 periode , WMA ( Weight Moving Average ), ES ( Eksponential Smoothing ) serta metode MAD ( Mean Absolute Deviasion ) untuk mencari kesalahan peramalan.
1.2.2        Batasan Masalah
Untuk lebih memfokuskan masalah mengenai data yang akan di kumpulkan, penulis hanya membatasi masalah pada peramalan Jersey jenis Grade Ori dengan data penjualan selama 1 tahun yaitu dari bulan April 2012 sampai dengan Maret 2013, untuk meramalkan penjualan jersey jenis Grade Ori di Bulan April 2013 pada toko Viva Jersey yang dilihat dengan menggunakan metode Moving Average, Weight Moving Average, Exponential Smoothing, dan Metode Mean Absolute Devisiasion untuk mencari kesalahan peramalan.

1.3  Tujuan Penelitian
1)      Mengetahui tingkat penjualan Jersey jenis Grade Ori selama 1 tahun.
2)      Membandingkan tingkat penjualan per bulan dan mencari tingkat kesalahan yang terjadi tiap bulan dengan menggunakan metode MA, WMA, ES dan MAD.

1.4  Manfaat Penelitian
1)      Manfaat akademis
Adapun manfaat akademis dalam penulisan alamiah ini adalah mengetahui peramalan penjualan jersey jenis Grade Ori pada toko Viva Jersey.  Penulisan ini dapat di jadikan refrensi bagi mahasiswa lain yang ingin melakukan penelitian serupa.
2)      Manfaat Praktis
Penulis berharap agar penulisan ilmiah ini dapat menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk kemajuan toko, dan masukan untuk pembahasan mengenai peramalan penjualan.

1.5  Metode Penelitian
1.5.1        Objek Penelitian
Objek penulisan ilmiah ini dilakukan di toko Viva Jersey yang berlokasi di Jl. Kusuma Timur Raya Blok C7 No. 1 Perum Wisma Jaya, Bekasi Timur.
1.5.2        Data / Variabel
Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu :
Volume penjualan : Data penjualan Jersey jenis Grade Ori selama 1 tahun periode April 2012 sampai Maret 2013
1.5.3        Metode Pengumpulan Data / Variabel
Metode penelitian yang digunakan untuk nmengumpulkan data-data dan informasi penelitian melalui :
1)      Library Research ( Studi Pustaka ) : Melalui daftar pustaka yang ada dan sesuai dengan tema penulisan ilmiah ini.
2)      Field Research ( Studi Lapangan ) : Melalui observasi langsung, wawancara terhadap pemilik toko yang bersangkutan dengan topik yang sesuai.
1.5.4        Alat Analisis Yang Digunakan
Alat analisis pada penulisan  ilmiah ini penulis menggunakan alat berupa Metode Moving Average 3 bulan, Metode Weight Moving Average, Metode Exponential Smoothing dan Metode Mean Absolute Deviasion untuk mencari kesalahan peramalan. Dengan uraian sebagai berikut :

Metode Moving Average
MA adalah metode peramalan dengan mengkombinasikan data dari beberapa periode terbaru / terakhir. Dengan  rumus :

MA =         ∑ Penjualan nyata pada n periode akhir
                                     ∑ periode (n)    

Metode Weight Moving Average
MWA adalah metode peramalan yang cara perhitungannya hampir sama dengan MA, hanya berbeda pada adanya penambahan bobot pda tiap data. Dengan rumus :
                                                 WMA = ( Wt * Xt ) + ( Wt – 1 * Xt – 1 ) + ( Wt – 2 * Xt – 2 ) +.......... 
 
 



Metode Exponential Smoothing
ES adalah metode ramalan rata – rata bergerak yang melakukan penimbangan terhadap data masa lalu dengan cara exponential dengan cara hasil ramalan periode terakhir ditambah porsi perbedaan atau tingkat kesalahan antara permintaan nyata periodeterakhir dan peramalan periode terakhir. Dengan rumus :
                                                 Ft = { Ft – 1 + α ( At – 1 – Ft – 1 ) }
 
 

Ft = { Ft – 1 + α ( At – 1 – Ft – 1 ) }

Metode Mean Absolute Deviasion
MAD =   ∑ Kesalahan
                     N – n
 
MAD adalah suatu ukuran kesalahan peramalan yang umum digunakan. Secara sederhana ukuran ini merupakan selisih antara permintaan nyata dan ramalan dengan tingkat rata-rata kesalahan selama meramalkan.
MAD =   ∑ kesalahan
 
                                                     
Dimana :
                  

                  N : Jumlah data penjualan
                  n  : Jumlah periode

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar