Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

BAB I PI ERIKA :)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dunia usaha di Indonesia  mengalami perkembangan yang demikian pesat. Peningkatan yang terjadi pada pendapatan masyarakat menyebabkan masyarakat ingin dilayani lebih baik lagi. Setiap perusahaan melalui produk yang dihasilkannya atau produk yang ditawarkan berusaha agar tujuan dan sasaran perusahaannya tercapai.
Krisis ekonomi dan pasar bebas yang sedang melanda negara kita ini menuntut setiap perusahaan atau wirausaha untuk menyelenggarakan manajemen yang tepat pada semua aspek, yang mencakup aspek keuangan, aspek sumber daya manusia, aspek produksi, aspek penjualan, dan masih banyak lagi aspek lain yang sangat berkaitan dengan situasi kelesuan perekonomian.
Dari semua aspek di atas dapatlah dikatakan bahwa aspek penjualan mempunyai peranan yang sangat penting bagi berhasil tidaknya tujuan dari suatu perusahaan terhadap lingkungan perekonomian itu sendiri yang sangat kompetitif dan bervariatif.
Tujuan umum perusahaan adalah membuat suatu produk atau jasa dengan biaya serendah-rendahnya, menjual dengan harga wajar dan membentuk kebiasaan. Untuk mencapai semua itu, perusahaan menentukan suatu metode peramalan ( forecasting ) akan produk dan jasa. Peramalan ( forecasting ) permintaan akan produk dan jasa di waktu mendatang dan bagian-bagiannya adalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi. Peramalan yang baik adalah esensial untuk efisiensi operasi-operasi manufakturing dan produksi jasa.
Peramalan digunakan dalam manajemen produksi dan operasi dalam pembuatan-pembuatan keputusan-keputusan yang menyangkut pemilihan proses, perencanaan kapasitas, dan layout fasilitas, serta untuk berbagai keputusan yang bersifat terus menerus berkenaan dengan perencanaan, scheduling dan persediaan.
Oleh karena itu sebagaimana diketahui, sebelum suatu perusahaan melaksanakan kegiatan penjualannya, pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan akan mengadakan penyusunan terhadap perencanaan penjualan yang akan dipergunakan sebagai pedoman pelaksanaan proses penjualan.
Dalam hal ini perlu diketahui tentang dua unsur penjualan, yaitu peramalan penjualan dan perkiraan penjualan. Pentingnya melakukan peramalan penjualan antara lain adalah untuk pengawasan dalam persediaan atau inventory control, karena dalam hal ini jika persediaan yang ada terlalu kecil atau sedikit, maka akan memengaruhi kelancaran kegiatan penjualannya.
Peramalan penjualan juga dapat digunakan untuk membantu kegiatan perencanaan dan pengawasan produksi, karena dengan  adanya peramalan penjualan, maka perusahaan dapat mengetahui kemungkinan kegiatannya dikemudian hari, sehingga para manajer perusahaan dapat mengusahakan perbaikan sistem produksinya agar efisien dan dapat melakukan antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi dikemudian hari.
Seiring perkembangan jaman dan teknologi, semakin banyak pula usaha baru yang akan didirikan dengan dapat melihat peluang – peluang yang ada. Maka salah satunya adalah UKM ( Usaha Kecil Menengah ) Soni Jaya yang memproduksi Oncom. Sehubungan dengan semua bidang usaha yang menginginkan untuk memenuhi kebutuhan dan selera para konsumen, perlu terlebih dahulu pihak pengusaha mengadakan peramalan terhadap permintaan pasar oleh pihak konsumen, agar dapat memperoleh keuntungan atau benefit dan profit yang diharapkan oleh pengusaha. Berdasarkan uraian di atas maka timbul keinginan penulis untuk melakukan penelitian dengan judul
 “ METODE PERAMALAN PENJUALAN ONCOM PADA USAHA KECIL MENENGAH ( UKM ) SONI JAYA”


1.2  Rumusan dan Batasan Masalah
1.2.1        Rumusan Masalah
Dari penjelasan di atas, maka penulis merumuskan masalah  pada penulisan ilmiah, yaitu  :
1)      Berapa besar perkiraan penjualan Oncom di UKM Soni Jaya pada bulan Mei 2013 ?
2)      Metode peramalan penjualan apa yang sebaiknya digunakan oleh UKM Soni Jaya untuk meramalkan penjualan Oncom pada bulan Mei 2013 ?
1.2.2        Batasan Masalah
Untuk lebih memfokuskan masalah mengenai data yang akan dikumpulkan,  penulis hanya membatasi masalah pada peramalan penjualan Oncom dengan menggunakan data penjualan selama 1 tahun yaitu dari bulan Mei 2012 sampai dengan bulan April 2013. Untuk meramalkan penjualan Oncom di bulan Mei 2013 pada UKM Soni Jaya  yang dilihat dengan menggunakan metode Moving Average, Weight Moving Average, Exponential Smoothing, dan Metode Mean Absolute Devisiasion untuk mencari kesalahan peramalan.

1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk :
1)      Untuk mengetahui tingkat penjualan Oncom pada bulan Mei 2013.
2)      Untuk mengetahui metode apa yang sebaiknya digunakan untuk meramalkan penjualan Oncom pada UKM Soni Jaya di bulan Mei 2013 dengan menggunakan metode Moving Average, Weight Moving Average, Eksponential Smoothing dan Mean Absolute Deviasion untuk mencari kesalahan peramalan.


1.4  Manfaat Penelitian
1)      Manfaat akademis
Adapun manfaat akademis dalam penulisan alamiah ini adalah mengetahui peramalan penjualan Oncom pada UKM Soni Jaya.  Penulisan ini dapat dijadikan refrensi bagi mahasiswa lain yang ingin melakukan penelitian serupa.
2)      Manfaat Praktis
Penulis berharap agar penulisan ilmiah ini dapat menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk kemajuan penjualan Oncom pada UKM Soni Jaya, dan masukan untuk pembahasan mengenai peramalan penjualan.

1.5  Metode Penelitian
1.5.1        Objek Penelitian
Objek penulisan ilmiah ini dilakukan di  UKM Soni Jaya yang berlokasi di Kampung Gorowong, Adiarsa Timur, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
1.5.2        Data / Variabel
Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu :
Volume penjualan : Data penjualan Oncom selama 1 tahun periode Mei 2012 sampai April 2013
1.5.3        Metode Pengumpulan Data / Variabel
Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dan informasi penelitian melalui :
1)      Library Research ( Studi Pustaka ) : Melalui daftar pustaka yang ada dan sesuai dengan tema penulisan ilmiah ini.
2)      Field Research ( Studi Lapangan ) : Melalui observasi langsung, wawancara terhadap pemilik usaha yang bersangkutan dengan topik yang sesuai.

1.5.4        Alat Analisis Yang Digunakan
Alat analisis pada penulisan  ilmiah ini penulis menggunakan alat berupa Metode Moving Average 3 bulan, Metode Weight Moving Average, Metode Exponential Smoothing dan Metode Mean Absolute Deviasion untuk mencari kesalahan peramalan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar