BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang demikian pesat.
Peningkatan yang terjadi pada pendapatan masyarakat menyebabkan masyarakat
ingin dilayani lebih baik lagi. Setiap perusahaan melalui produk yang dihasilkannya
atau produk yang ditawarkan berusaha agar tujuan dan sasaran perusahaannya
tercapai.
Krisis ekonomi
dan pasar bebas yang sedang melanda negara kita ini menuntut setiap perusahaan
atau wirausaha untuk menyelenggarakan manajemen yang tepat pada semua aspek,
yang mencakup aspek keuangan, aspek sumber daya manusia, aspek produksi, aspek
penjualan, dan masih banyak lagi aspek lain yang sangat berkaitan dengan
situasi kelesuan perekonomian.
Dari semua aspek
di atas dapatlah dikatakan bahwa aspek penjualan mempunyai peranan yang sangat
penting bagi berhasil tidaknya tujuan dari suatu perusahaan terhadap lingkungan
perekonomian itu sendiri yang sangat kompetitif dan bervariatif.
Tujuan umum perusahaan adalah
membuat suatu produk atau jasa dengan biaya serendah-rendahnya, menjual dengan
harga wajar dan membentuk kebiasaan. Untuk mencapai semua itu, perusahaan
menentukan suatu metode peramalan ( forecasting
) akan produk dan jasa. Peramalan ( forecasting
) permintaan akan produk dan jasa di waktu mendatang dan bagian-bagiannya
adalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi. Peramalan yang
baik adalah esensial untuk efisiensi operasi-operasi manufakturing dan produksi
jasa.
Peramalan digunakan dalam manajemen
produksi dan operasi dalam pembuatan-pembuatan keputusan-keputusan yang
menyangkut pemilihan proses, perencanaan kapasitas, dan layout fasilitas, serta
untuk berbagai keputusan yang bersifat terus menerus berkenaan dengan
perencanaan, scheduling dan
persediaan.
Oleh karena itu
sebagaimana diketahui, sebelum suatu perusahaan melaksanakan kegiatan
penjualannya, pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan akan mengadakan
penyusunan terhadap perencanaan penjualan yang akan dipergunakan sebagai
pedoman pelaksanaan proses penjualan.
Dalam hal ini
perlu diketahui tentang dua unsur penjualan, yaitu peramalan penjualan dan perkiraan
penjualan. Pentingnya melakukan peramalan penjualan antara lain adalah untuk
pengawasan dalam persediaan atau inventory
control, karena dalam hal ini jika persediaan yang ada terlalu kecil atau
sedikit, maka akan memengaruhi kelancaran kegiatan penjualannya.
Peramalan
penjualan juga dapat digunakan untuk membantu kegiatan perencanaan dan
pengawasan produksi, karena dengan
adanya peramalan penjualan, maka perusahaan dapat mengetahui kemungkinan
kegiatannya dikemudian hari, sehingga para manajer perusahaan dapat
mengusahakan perbaikan sistem produksinya agar efisien dan dapat melakukan
antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi dikemudian hari.
Seiring
perkembangan jaman dan teknologi, semakin banyak pula usaha baru yang akan
didirikan dengan dapat melihat peluang – peluang yang ada. Maka salah satunya
adalah UKM ( Usaha Kecil Menengah ) Soni Jaya yang memproduksi Oncom.
Sehubungan dengan semua bidang usaha yang menginginkan untuk memenuhi kebutuhan
dan selera para konsumen, perlu terlebih dahulu pihak pengusaha mengadakan
peramalan terhadap permintaan pasar oleh pihak konsumen, agar dapat memperoleh
keuntungan atau benefit dan profit yang diharapkan oleh pengusaha. Berdasarkan
uraian di atas maka timbul keinginan penulis untuk melakukan penelitian dengan
judul
“ METODE PERAMALAN PENJUALAN ONCOM PADA
USAHA KECIL MENENGAH ( UKM ) SONI JAYA”
1.2 Rumusan dan Batasan Masalah
1.2.1
Rumusan
Masalah
Dari penjelasan di atas,
maka penulis merumuskan masalah pada
penulisan ilmiah, yaitu :
1) Berapa
besar perkiraan penjualan Oncom di UKM Soni Jaya pada bulan Mei 2013 ?
2) Metode
peramalan penjualan apa yang sebaiknya digunakan oleh UKM Soni Jaya untuk
meramalkan penjualan Oncom pada bulan Mei 2013 ?
1.2.2
Batasan
Masalah
Untuk lebih memfokuskan
masalah mengenai data yang akan dikumpulkan, penulis hanya membatasi masalah pada peramalan
penjualan Oncom dengan menggunakan data penjualan selama 1 tahun yaitu dari
bulan Mei 2012 sampai dengan bulan April 2013. Untuk meramalkan penjualan Oncom
di bulan Mei 2013 pada UKM Soni Jaya
yang dilihat dengan menggunakan metode Moving Average, Weight Moving
Average, Exponential Smoothing, dan Metode Mean Absolute Devisiasion untuk
mencari kesalahan peramalan.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini
adalah untuk :
1) Untuk
mengetahui tingkat penjualan Oncom pada bulan Mei 2013.
2) Untuk
mengetahui metode apa yang sebaiknya digunakan untuk meramalkan penjualan Oncom
pada UKM Soni Jaya di bulan Mei 2013 dengan menggunakan metode Moving Average,
Weight Moving Average, Eksponential Smoothing dan Mean Absolute Deviasion untuk
mencari kesalahan peramalan.
1.4 Manfaat Penelitian
1) Manfaat
akademis
Adapun manfaat akademis
dalam penulisan alamiah ini adalah mengetahui peramalan penjualan Oncom pada
UKM Soni Jaya. Penulisan ini dapat dijadikan
refrensi bagi mahasiswa lain yang ingin melakukan penelitian serupa.
2) Manfaat
Praktis
Penulis berharap agar
penulisan ilmiah ini dapat menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan untuk kemajuan penjualan Oncom pada UKM Soni Jaya, dan masukan
untuk pembahasan mengenai peramalan penjualan.
1.5 Metode Penelitian
1.5.1
Objek
Penelitian
Objek penulisan ilmiah
ini dilakukan di UKM Soni Jaya yang
berlokasi di Kampung Gorowong, Adiarsa Timur, Kecamatan Teluk Jambe Timur,
Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
1.5.2
Data
/ Variabel
Data yang digunakan
adalah data sekunder yaitu :
Volume penjualan : Data
penjualan Oncom selama 1 tahun periode Mei 2012 sampai April 2013
1.5.3
Metode
Pengumpulan Data / Variabel
Metode penelitian yang
digunakan untuk mengumpulkan data-data dan informasi penelitian melalui :
1) Library Research
( Studi Pustaka ) : Melalui daftar pustaka yang ada dan sesuai dengan tema
penulisan ilmiah ini.
2) Field Research
( Studi Lapangan ) : Melalui observasi langsung, wawancara terhadap pemilik
usaha yang bersangkutan dengan topik yang sesuai.
1.5.4
Alat
Analisis Yang Digunakan
Alat analisis pada penulisan ilmiah ini penulis menggunakan alat berupa
Metode Moving Average 3 bulan, Metode Weight Moving Average, Metode Exponential
Smoothing dan Metode Mean Absolute Deviasion untuk mencari kesalahan peramalan.
0 komentar:
Posting Komentar