CSR
Bakrie Telecom Luncurkan INDONESIA MEMBACA
Jakarta, 2 Oktober 2012. PT. Bakrie
Telecom, Tbk, mengimplementasikan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui
kampanye KELAS HIJAU ESIA dalam bentuk kegiatan literasi bertajuk INDONESIA
MEMBACA mulai Selasa, 2 Oktober hingga 14 Oktober 2012.
Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kelas Hijau Esia dengan Rumah Dunia dan Gola Gong (Penulis dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia). Dilaksanakan dengan roadshow ke berbagai Taman Bacaan Masyarakat dan kampus di 7 (tujuh) wilayah di Jawa Barat. Meliputi Bandung, Sukabumi, Kuningan, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, dan Jatinangor.
Termasuk di dalamnya adalah pembagian 100 paket buku, 2000 buku pengenalan sampah dan 1000 buku Baca Bercerita (Read Aloud).
Kegiatan meliputi :
Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kelas Hijau Esia dengan Rumah Dunia dan Gola Gong (Penulis dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia). Dilaksanakan dengan roadshow ke berbagai Taman Bacaan Masyarakat dan kampus di 7 (tujuh) wilayah di Jawa Barat. Meliputi Bandung, Sukabumi, Kuningan, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, dan Jatinangor.
Termasuk di dalamnya adalah pembagian 100 paket buku, 2000 buku pengenalan sampah dan 1000 buku Baca Bercerita (Read Aloud).
Kegiatan meliputi :
- Hiburan Rakyat. Pertunjukan Seni bersama komunitas dan Layar Tancap
- Diskusi tentang gerakan Indonesia Membaca.
- Workshop Menulis oleh Golagong (Penulis Novel Balada Si Roy dan Pendiri Rumah Dunia)
- Workshop Fotografi oleh Yudi Febrianda (Spv CSR BTEL)
- Hibah buku ke taman bacaan masyarakat.
- Lomba Menggambar dan kelas Mewarnai untuk anak-anak oleh Dadang Lesmana (Petualang ACI 2010)
- Baca Bercerita oleh Dayu Hatmanti (Miss Scuba 2011)
Kegiatan ini lebih mengetumakan
Individual Social Responsibility, yaitu pertisipasi aktif dari karyawan dan
masyarakat utk berbuat sesuatu bagi masyarakat lain.
Corporate Social Responsibilit(CSR)
adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai
kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap
sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab
itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk
anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan
untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk
masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan
tersebut berada.
Program Corporate Social
Responsibility (CSR) merupakan investasi jangka panjang yang berguna
untuk meminimalisasi risiko sosial, serta berfungsi sebagai sarana meningkatkan
citra perusahaan di mata publik. Salah satu implementasi program CSR adalah
dengan pengembangan atau pemberdayaan masyarakat (Community Development).
Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan
keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana
biaya (cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre).
Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya
pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Disisi lain masyarakat
mempertanyakan apakah perusahaan yang berorientasi pada usaha memaksimalisasi
keuntungan-keuntungan ekonomis memiliki komitmen moral untuk mendistribusi
keuntungan-keuntungannya membangun masyarakat lokal, karena seiring waktu
masyarakat tak sekedar menuntut perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa
yang diperlukan, melainkan juga menuntut untuk bertanggung jawab sosial.
Penerapan program CSR merupakan
salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik
(Good Coporate Governance). Diperlukan tata kelola perusahaan yang baik (Good
Corporate Governance) agar perilaku pelaku bisnis mempunyai arahan yang bisa
dirujuk dengan mengatur hubungan seluruh kepentingan pemangku kepentingan
(stakeholders) yang dapat dipenuhi secara proporsional, mencegah
kesalahan-kesalahan signifikan dalam strategi korporasi dan memastikan
kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki dengan segera.
Konsep ini mencakup berbagai kegiatan
dan tujuannya adalah untuk mengembangkan masyarakat yang sifatnya produktif dan
melibatkan masyarakat didalam dan diluar perusahaan baik secara langsung maupun
tidak langsung, meski perusahaan hanya memberikan kontribusi sosial yang kecil
kepada masyarakat tetapi diharapkan mampu mengembangkan dan membangun
masyarakat dari berbagai bidang. Kegiatan CSR penting dalam upaya membangun
citra dan reputasi perusahaan yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan baik
dari konsumen maupun mitra bisnis perusahaan tersebut.
Perusahaan-perusahaan yang memiliki
reputasi bagus, umumnya menikmati enam hal :
- Hubungan yang baik dengan para pemuka masyarakat.
- Hubungan positif dengan pemerintah setempat.
- Resiko krisis yang lebih kecil.
- Rasa kebanggaan dalam organisasi dan di antara khalayak sasaran.
- Saling pengertian antara khalayak sasaran, baik internal maupun eksternal.
- Meningkatkan kesetiaan para staf perusahaan (Anggoro, 2002).
Melihat penerapan CSR yang dilakukan Bakrie Telecom
tersebut, saya berpendapat bahwa perusahaan yang menyediakan jasa
telekomunikasi tersebut tidak hanya berorientasi pada profitabilitas internal
tetapi sangat peduli terhadap lingkungan khususnya di bidang ilmu pengetahuan,
terbukti dengan di luncurkannya INDONESIA MEMBACA. CSR memberikan dampak yang
baik dan positif bagi perusahaan maupun sosial.
Sumber :
http://www.bakrietelecom.com/btel-csr.html
0 komentar:
Posting Komentar